Pelestarian Dugong si Sapi Laut yang Hampir Punah
Dana
Dana Terkumpul
Rp 35,393,500
dari target Rp 50,000,000
70.79% Tercapai
Sisa Waktu 33 Hari
Informasi Penggalang Dana
Verifikasi Penggalang Dana
Identitas: Terverifikasi
No Rekening Penerima: Terverifikasi
Dokumen Pendukung: Terverifikasi
Tujuan Penggalangan Dana
Kampanye pelestarian hewan Dugong. Setiap penyaluran harus melampirkan bukti penggunaan yang diverifikasi bantoo.id

Diawasi oleh
Legalitas

Dear Teman Bantoo perkenalkan kami dari Yayasan Filantra. Yayasan Filantra adalah Lembaga Sosial yang memberikan konsultasi dan implementasi CSR serta dana sosial bagi kebaikan alam dan sesama. Yayasan Filantra berlokasi di Bandung dan Jakarta sejak tahun 2015 sampai dengan sekarang (7 tahun). Kami mengadakan Kampanye pelestarian populasi Dugong si Sapi Laut yang hampir punah.

Foto sumber : dictio.id

Dugong merupakan salah satu mamalia laut yang hampir punah yang mempunyai masa hidup cukup panjang mencapai 70 tahun. Dugong rata – rata memiliki panjang 2.4 – 4.3 meter dengan berat 230 – 930 kilogram.Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) memasukan dugong ke dalam spesies yang terancam dalam kepunahan. Jangkauan dugong mencakup 48 negara di pesisir tropis dan subtropis antara perairan pulau Afrika Timur dan Vanuatu di Oceania. Dugong tersebar di beberapa wilayah Indonesia meliputi Papua, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku, pantai selatan Jawa Timur, hingga Sumatera.

Foto sumber : travel.okezone.id

Populasi di seluruh dunia telah mengalami eksploitasi berlebihan terutama karena penangkapan langsung untuk diambil dagingnya, kulitnya dan minyaknya dan juga karena pendangkalan padang lamun (makanan bagi organisme laut).

Yang dibutuhkan untuk membantu pelestarian populasi dugong ini adalah:

  • Sosialisasi berupa penyampaian hampir punahnya dugong serta termasuk dalam 20 spesies prioritas yang perlu perlindungan.
  • Gerakan nyata dalam upaya melestarikan ekosistem padang lamun berupa penyampaian kepada masyarakat tentang pentingnya padang lamun serta cara untuk menjaganya, menghimbau kepada nelayan untuk tidak menggunakan metode penangkapan ikan yang merusak ekosistem padang lamun Konservasi dugong.

Teman Bantoo mari kita saling bahu – membahu memberikan bantuan bagi si sapi laut agar tidak punah sehingga anak cucu kita kelak masih bisa melihat dan menikmati keindahan salah satu hewan langka ini. Kalian bisa bantu kami dengan cara berdonasi dan juga membagikan halaman ini.

Pembaharuan

Penyaluran donasi sebesar Rp 5.000.000,- ke rekening BCA **** **** 570 atas nama Y****** F*******

Riwayat Donasi