Erna Manafe Mutiara dari Timur
Dana
Dana Terkumpul
Rp 850,000
dari target Rp 250,000,000
0.34% Tercapai
Sisa Waktu 53 Hari
Informasi Penggalang Dana
Yayasan Berbagi Kasih
Verifikasi Penggalang Dana
Identitas: Terverifikasi
No Rekening Penerima: Terverifikasi
Dokumen Pendukung: Terverifikasi
Kabupaten Timor Tengah Selatan
Pemberdayaan Masyarakat
Diawasi oleh
Legalitas

"Aku menolong orang lain yang tidak mampu karena bagiku kebahagiaan sesungguhnya ialah ketika kita memberikan sesuatu kepada sesama yg berkekurangan dan ia menerimanya dengan tersenyum, sambil mengucapkan kata terima kasih serasa ada kebahagiaan yg luar biasa buatku"- Erna Manafe, Ketua Yayasan Berbagi Kasih, Timor Tengah Selatan, NTT.

Teman Bantoo, perkenalkan mutiara dari timur kita, Erna Manafe yang berjuang dan melayani dengan penuh cinta kasih dan tulus untuk kaum penyandang disabilitas. Berikut ceritanya.

Hai perkenalkan saya Erna Manafe, saya bekerja sebagai aktivis relawan Yayasan Berbagi Kasih di Kab.Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sejak tahun 2020 saya melayani para Penyandang Disabilitas di 8 Desa yakni Desa Biloto, Desa Basmuti,Desa Kuanfatu, Desa Oinlasi, Desa Anin, Desa Tomanat,Desa Lelobatan dan Desa Kolbano untuk melihat langsung keadaan mereka dan mendengar keluh kesah mereka dengan segala keterbatasan fisik dan beragam kekurangan yang mereka alami. 

Tahun 2021 saya membantu 3 Desa yang terdampak Badai Seroja yakni Desa Bena, Desa Kualin dan Desa Linamnutu. Saya dan teman teman aktivis lainnya mendata setiap keluarga yang memiliki anak, saudara bahkan orangtua yang masuk kategori Disabilitas. Saya mendata mereka per individu dan dengan jenis hambatan mereka masing masing.

Ada yang hidupnya jauh dari kelayakan karena sulitnya akses jalan serta tidak ada lapangan kerja bahkan terbatasnya ruang gerak mereka diarea publik membuat mereka kesulitan dalam mencari pekerjaan untuk membiayai kehidupan mereka. 

Hati saya menangis melihat kondisi fisik dan tempat tinggal mereka. Tapi satu yang saya salut, mereka tidak pernah menyerah,mereka pantang mundur dan tetap berusaha untuk bertahan hidup dengan makanan apa adanya. Mereka selalu mengucap syukur diatas semua kekurangan mereka. Ada yang mengenakan pakaian yang jauh dari kelayakan. 

Maka dari itu tergeraklah hati saya untuk membantu mereka sebisa mungkin dengan menggalang dana di bantoo.id agar dapat memberikan apa yang mereka butuhkan. 

"Dan aku sampai menyambangi para Penyandang Disabilitas itu semacam melihat diri anakku ada pada mereka, penderitaan anakku ada pada mereka. Jiika aku mampu mengobati anakku keluar daerah, memberikan segalanya buat anakku mengapa mereka tidak bisa mendapatkan hal yang sama seperti apa yang didapatkan anakku dariku? Dari situlah saya ingin lebih dekat dgn mereka, mendengar apa yg menjadi kendala mereka, apa kebutuhan mereka dan saya akan berusaha semampuku agar mereka dapat merasakan hal yg sama seperti anakku."

"Dan semua dana yang terkumpul akan saya berikan semuanya untuk kebutuhan Penyandang Disabilitas di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam hal apapun: makanan, pakaian, alat bantu dan pelatihan untuk usaha jangka panjang"

Mari kita dukung semangat Pahlawan Disabilitas dari Timur kita, Erna Manafe. Sebarkan berita gembira ini. Tekan tombol SHARE. Kamu dapat mendukung lewat jarimu, dari rumah. Lakukan kebaikan sekarang ! Tekan tombol DONASI SEKARANG.

Riwayat Donasi
Lihat Semua